Jumat, 23 Maret 2018

local food 3

SOP SAUDARA



Siapa yang tidak kenal dengan kuliner yang berasal dari kota pangkep ini! Yappsss...tepat sekali sop saudara Sebelum bicara lebih jauh tentang sop saudara baiknya kita kenal dulu bgaimana sih asal usul dan sejarah SOP SAUDARA itu. Asal usul dan sejarah SOP SAUDARA tidak bisa dilepaskan dari kisah perjalanan hidup Bapak H. ABDULLAH aliasH. DOLLAHI, sang penemu dan peracik pertama sop saudara pangkep.

       Berawal dari tahun 1957, H. Dollahi, putera kelahiran Sanrangan, Kec.Pangkajene, Pangkep 1931 ini melirik pekerjaan sebagai pelayan warung. Kala itu, seorang warga Pangkep bernama H.subair (alm) membuka warung Sop Daging di Pasar Bambu Makassar (disekitar Jln Irian/Jln Wahidin Sudirohusodo) yang pada waktu itu cukup laris.
Pengalaman sebagai pelayan warung selama 3 (tiga) tahun, h.dollahi banyak belajar tentang sop. Tahun 1960 ketika Pasar Senggol (sekitar Karebosi) Makassar dibuka, ia memutuskan untuk mendirikan usaha warung sendiri dengan dibantu 14 karyawan yang berasal kalangan intern keluarga sendiri.

       H.dollahi berkreasi membuat sop yang lebih istimewa dibanding dengan racikan seniornya, h.subair dengan menambahkan bumbu yang selama ini dinilainya masih kurang. Selain membenahi rasa, ia juga memberi terobosan memberi nama sop buatannya dengan nama sop saudara.
Mengapa memilih nama sop saudara? Alasannya adalah selain terinspirasi dari nama warung coto paraikatte yang juga terkenal saat itu, juga dimaksudkan agar orang-orang yang datang dan makan sop diwarungnya merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan, dan sesama pelanggan warung. Misi sop saudara menghadirkan nilai & suasana persaudaraannya. Sampai ada yang mengatakan : sop saudara itu singkatan dari “Saya Orang Pangkep, Saudara!!”.
         Adapun bahan yang dibutuhkan dalam membuat sop saudara adalah:
Daging sapi
Minyak gore
Air bersih
Daun jeruk
Jahe ( dimemarkan )
Batang serai ( dimemarkan )
Lengkuas ( dimemarkan )
Kayu manis
Garam dapur
Pala bubuk
           Bumbu halus :
Kemiri sangrai
Kunyit
Jinten
Bawang putih
Bawang merah
Ketumbar sangrai
          Perpaduan bumbu dan daging mampu memberi cita rasa yang khas dari sop saudara itu sendiri. Perpaduan bumbu dari sop saudara tidak jauh berbeda dengan coto makassar yang membedakan hanya sop saudara mendapat tambahan kocokan telur.

Sumber:lihatresep.com

Sumber :indotimenews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

daily report english 4

Peace be upon you, and Allah mercy and blessings      Today is different from the previous day. Why is it different? Because the previo...