Jumat, 23 Maret 2018

ingredient 6

Jeruk Bali (Citrus Maxima)


 

 Citrus maxima adalah tumbuhan menahun (perennial) dengan karakteristik tinggi pohon 5-15 meter. Batang tanaman agak kuat, garis tengah 10-30 meter, berkulit agak tebal, kulit bagian luar berwarna coklat kekuningan, bagian dalam berwarna kuning. Pohon jeruk mempunyai banyak cabang yang terletak saling berjauhan dan merunduk pada bagian ujungnya. Cabang yang masih muda bersudut dan berwarna hijau, namun lama-lama menjadi berbentuk bulat dan berwarna hijau tua. Tajuk pohon agak rendah dan tidak teratur.

Klasifikasi Jeruk Bali
Kingdom : Plantae (tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (berpembuluh)
Superdivisio : Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio : Magnoliophyta (berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub-kelas : Rosidae
Ordo : Sapindales
Familia : Rutaceae (suku jeruk-jerukan)
Genus : Citrus
Spesies : Citrus maxima

Karakteristik :

Daun

Daun tanaman berbentuk bulat telur dan berukuran besar, dengan bagian puncak atau ujung tumpul dan bagian tepi hampir rata, serta bagian dekat ujung agak berombak. Letak daun terpencar dengan tangkai daun bersayap lebar, warna kekuningan, dan berbulu agak suram.

Batang

Batang tanaman agak kuat, garis tengah 10-30 meter, berkulit agak tebal, kulit bagian luar berwarna coklat kekuningan, bagian dalam berwarna kuning. Pohon jeruk mempunyai banyak cabang yang terletak saling berjauhan dan merunduk pada bagian ujungnya. Cabang yang masih muda bersudut dan berwarna hijau, namun lama-lama menjadi berbentuk bulat dan berwarna hijau tua.
Tanaman citrus memiliki batang yang tergolong dalam batang berkayu ( lignosus ), yaitu batang yang biasanya keras dan kuat, karena sebagian besar terdiri dari kayu. Batangnya berbentuk bulat ( teres ), berduri ( spinosus ) pendek, kaku dan juga tajam. Selain itu arah tumbuh batangnya mengangguk ( nutans ), dimana batangnya tumbuh tegak lurus ke atas tetapi ujungnya lalu membengkok kembali ke bawah.

Buah

Buah berukuran besar dan berkulit tebal, Buahnya berbentuk bulat atau bola yang tampak tertekan.
Daging Buah
Warna daging buah merah muda atau merah jambu. Daging buah memiliki tekstur keras sampai lunak, rasa manis sampai sedikita asam, dan berbiji sedikit.
Bunga
Bunga jeruk bali majemuk ( inflorescentia ), tersusun dalam malai yang keluar dari ketiak daun, bunga berbentuk bintang, diameter 1.5 – 2.5 cm, bunga berwarna putih, dan baunya harum.

Akar

Akar tanaman jeruk merupakan akar tunggang.

Sumber : https://ahsofyan.wordpress.com/2011/10/23/jeruk-bali-citrus-maxima/

Jeruk Mandarin


Jeruk Mandarin ini memiliki kesamaan karakter dengan Jeruk Manis, Siam/Pontianak,Mikam, dst. Namun juga memiliki perbedaan karakter. Berikut akan dibahasa Jeruk Mandarin. Warna kulit Jeruk Mandarin adalah Orange. Tekstur kulit jeruk mandarin sama dengan tekstur jeruk lainnya, yaitu sedikit berpori-pori, yang terlihat jelas adalah ukuran jeruk mandarinlebih kecil jika dibandingkan dengan Jeruk Manis, Jeruk Navel, Jeruk Siam, apa lagi jeruk bali.

Klasifikasi Ilmiah :

Kerajaan : Plantae
Divisi : Angiosperms
Kelas : Dicots
Upakelas : Rosids
Famili : Rutaceae
Genus : Citrus Sinensis

Karakteristik

Kulit bagian dalam jeruk Mandarin memiliki kerutan dan serabut yang berfungsi untuk mengikat daging buahnya.Tetapi, mengupas jeruk mandarin lebih mudah dibandingkan dengan mengupas jeruk siam. Karena antar daging buahnya tidak memiliki pelepah. Daging jeruk mandarin termasuk kategori jeruk dengan rasa yang manis.
    Selain itu jeruk mandarin tidak memiliki biji di dalam daging buahnya. Sehingga akan lebih mudah untuk mengkonsumsinya. Daging buah jeruk mandari  yang baru dikupas masih sedikit diselimuti oleh serabut-serabut halus.Serabut aman untuk dimakan

sumber : https://ayorange.wordpress.com/2012/09/23/studi-keragaman-jeruk/

Jeruk Sunkist


Tanaman buah ini berasal dari California Arizona. Buah jeruk adalah sumber  Vitamin C dan wewangian/parfum penting. Jeruk ini memiliki kadar air yang lumayan banyak dengan jumlah biji yang normal. Rasanya asam manis menyegarkan tapi lebih dominan rasa asam. Khasiat  jeruk Sunkist : Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Memperkuat Limfa, Menurunkan Kolesterol, Mengobati Infeksi, dan Demam. Jeruk Sunkist dapat dikonsumsi dengan berbagai cara biasanya dengan Membuat Jus, Membuat Pudding, atau langsung dimakan rasanya sangat segar.
Klarifikasi :
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Rutales
Keluarga : Rutaceae
Genus : Citrus
Spesies : Citrus sp.

Karakteristik
Temperature optimal untuk pertumbuhan berkisar sekitar 25-30oC. Jenis tanah yang cocok adalah tanah lempung berpasir dengan fraksi liat 7-27%, Debu 25-50%, dan Pasir kurang dari 50%, cukup humus serta memiliki tata air dan udara baik. Jenis tanah Andosol dan Latosol sangat cocok untuk bertanam jeruk. Jeruk Sunkist merupakan tanaman buah jeruk peras nama Sunkist sebenarnya adalah merk minuman sari jeruk yang menggunakan jeruk ini sebagai bahan dasarnya tanaman jeruk Sunkist sangat rajin berbuah dan memiliki warna kulit orange menyala. Pada umumnya tanaman jeruk Sunkist berbuah setelah berumur 2 tahun dari penanaman.
Sumber : http://kandang-tanhon.blogspot.co.id/2015/09/definisi-tentang-jeruk-keprok.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

daily report english 4

Peace be upon you, and Allah mercy and blessings      Today is different from the previous day. Why is it different? Because the previo...